Jumat, 04 Februari 2011

PERANGKAT KERAS AKSES INTERNET

1 Koneksi Internet dan Intranet
    Dalam pengertian koneksinya, internet berhubungan dengan banyak perangkat teknologi yang tidak terbatas tempatnya. Sedangkan intranet dalam koneksinya, hanya berhubungan dengan perangkat teknologi dalam jaringan dan tempat yang terbatas.
    Sebagai contoh koneksi internet, Handphone yang saling berkomunikasi antar negara atau komputer yang digunakan untuk mengakses informasi di lain negara.
     Sedangkan contoh koneksi intranet adalah komputer dalam satu lab yang saling dihubungkan dengan tujuan akses utama ke 1 komputer yang dinamakan dengan bak data.
2 Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet
   Perangkat Handphone (HP)
      Dalam Teknologi yang awal penciptaanya untuk berkomunikasi ini, sudah berkembang pesat menjadi perangkat informasi pula. Jalur transfer informasi dalam Handphone untuk koneksi intranet menggunakan infrared dan bluetooth.
       Fasilitas koneksi pada masing-masing type dan merk HP berlainan penempatanya. Pada umumnya berada di pengaturan konektivitas. Infrared digunakan untuk transfer data dengan perangkat lain(PC / HP) secara point to point dengan pembatasan jarak dan kapasitas data, artinya untuk transfer hanya data yg ukuranya kecil. Sedangkan Bluetooth digunakan untuk transfer data  berkapasitas lebih besar dengan perangkat lain menggunakan jalur gelombang frekuensi berjarak rata-rata 10m atau 33 kaki. Sehingga transfer data tidak mengharuskan perangkat saling dihadapkan, halangan yg memungkinkan dalam transfer data adalah tembok.
     Perangkat PC / Komputer
          Komputer, baik Pc (rakitan) maupun pabrikan, yang terdiri dari hardware pokok (CPU, Monitor, Keyboard, dan mouse) membutuhkan hardware tambahan sebagai berikut:
     a. LANCard
               Perangkat tambahan dipasang dalam CPU yang di gunakan untuk menghubungkan PC dengan PC lain baik peer to peer ( komputer dengan komputer) maupun dalam LAN ( Local Area Network).Sambungan yang digunakan untuk koneksi antar LANcard adalah kabel UTP yang isinya terdiri 8 buah kabel dengan pin konektor diujungnya. Kabel UTP ini selain berfungsi sebagai jalur akses internet, juga berfungsi sebagai jalur transfer data antar PC dalam LAN.
Tampilan dari luar CPU, LANcard hanya terlihat satu lubang dan lampu led indikatornya.          
      b. Switch Hub
                 Perangkat tambahan yang berdiri sendiri dan berfungsi untuk menghubungkan serta mengatur komunikasi / transfer data antar komputer yang terhubung. Switch hub ini ada bermacam merk dan daya tampung koneksinya. Terdiri dari switch hub dengan 4 port,8 port, 16 port, dan 24 port. Satuan port menunjukkan jumlah koneksi yang bisa ditampung switch hub.
       c. Server
                 Server berupa PC dengan spesifikasi khusus. PC ini bertugas mengatur besarnya kapasitas transfer data pada semua PC Client. Dalam Harddisk PC server ini ditempatkan data-data informasi utama yang di gunakan dalam sistem intranet, dengan kata lain PC Server ini juga digunakan sebagai bank data.
Skema koneksi internet:
        Perangkat Keras(Hardware) untuk Akses Internet
        Pada Perangkat handphone (HP)
                 Perangkat Teknologi HP saat ini sudah di produksi dengan fasilitas perangkat modem didalamnya. Sehingga untuk koneksi internet tidak memerlukan sambungan modem lagi. HP ini bisa berfungsi langsung sebagai perangkat pengakses internet.

                  HP juga bisa berfungsi sebagai penghubung jaringan internet ke PC. Pada posisi ini, HP bertindak sebagai modem hardware yg diperlukan untuk menghubungkan PC dengan HP adalah kabel data.
Berikut contoh penggunaan HP sebagai modem di laptop :
Pada Pc / Komputer
a. PC Alone
           Alone maksudnya bersdiri sendiri, tanpa ad koneksi dengan komputer lain. Pada PC alone yang digunakan untuk koneksi internet membutuhkan perangkat modem (Modulasi Demodulasi). Hardware ini berfungsi untuk mengubah sinyal data analog menjadi sinyal data digital, atau sebaliknya.
- Modem Internal
                Modem Internal, adalah modem model card hardware yang dipasang di CPU sehingga dari luar hanya nampak 2 lubang / port dan lampu indikator. Port tersebut digunakan sambungan ke jaringan telepon dan sambungan ke perangkat teleponnya. PCyang di produksi sekarang sudah dibenamkan fasilitas modem di mainboardnya (onboard) sehingga tidak perlu lagi menambah modem lagi.




- Modem Eksternal 
                Modem ini berada terpisah dari CPU berupa bos dan dihubungkan ke PC dengan sebuah kabel.
Modem internal maupun modem eksternal hanya digunakan untuk koneksi internet dengan line telephone (dialup). Mempunyai kelemahan pada saat terhubung dengan internet. Jika sedang terhubung dengan internet, telephone tidak bisa digunakan. Atau sebaliknya. 
Modem terbaru yang diproduksi telkom dalah Modem DSL. Modem ini digunakan untuk menghubungkan PC ke internet dengan line telephone yang sudah dipisahkan jalurnya oleh box ADSL spliter, sehingga tidak ad gangguan antar fungsi walaupun line telepon tetap sama setelah box ADSL spliter.
Modem ini juga bisa berfungsi sebagai penghubung jaringan PC ke internet dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan model modem internet eksternal. Skema pemasangannya seperti gambar.

b. Jaringan PC
    Hardware yang digunakan untuk akses internet sistem dialup (line telephone) dengan koneksi Speedy :
    (1) PC
    (2) LANcard
    (3) Switch Hub
    (4) Kabel UTP                                                        
    (5) Modem DSL
    (6) Line telephone
  Sedangkan hardware yang digunakan untuk akses internet dengan waveline (gelombang frekuensi tertentu) adalah:
  (1) PC Client
      PC ini merupakan PC yang terhubung ke LAN untuk mengakses internet secara bersama.
  (2) PC Proxy
      PC ini berfungsi untuk menampung memori akses internet dari semua client, sehingga memperlancar akses ke situs yang pernah dibuka sebelumnya. Posisi sambungan PC Proxy sama dengan PC Client, yakni terhubung ke Switch hub melalui LANcard.
  (3) LANcard
  (4) Switch Hub
  (5) Kabel UTP
  (6) Antena
      Berfungsi untuk menangkap gelombang jaringan internet dan dikirim ke router atau sebaliknya. Antena dipasang dengan arah dan ketinggian tertentu pada sebuah tower untuk mendapatkan sinyal/gelombang yang diharapkan.
   (7) Radio Modem & Router
      Perangakat penerima gelombang berfrekuensi tertentu dari antena dan mengubahnya menjadi sinyal data untuk dihubungkan ke PC melalui switch hub. Atau juga sebaliknya mengubah sinyal data analog menjadi gelombang dengan frekuensi tertentu.
Hardware lain untuk koneksi Internet pada sebuah Jaringan :
1. WIFIcard
    Wireless Fidelity (Wifi) adalah koneksi jaringan internet nirkabel (tanpa kabel) dengan frekuensi gelombang 2,4 GHz. Perangakat ini memudahkan perngguna baik dengan PC maupun Laptop intuk akses internet tanpa kendala kabel atau tempat .Perangkat PC bisa ditambahkan Wifi card sebagaimana menambahkan LAN card. Sedangkan Laptop pada umumnya sudah ditambahkan fasilitas Wifi. Perangkat lain yang sudah ditambahkan fasilitas wifi adalah Handphone, misal Nokia N95 dan N96.





2. Wireless Access Point (WAP)
    Merupakan perangkat tambahan untuk memancarkan gelombang yang bisa digunakan client untuk koneksi internet. WAP ini berdiri sendiri dan disambungkan ke Switch hub sebagaimana client dengan koneksi kabel UTP yang lain.
 






Skema Pemasangan WAP dan Client dengan wifi sebagai berikut :












Hardware lain untuk koneksi Internet pada PC Alone :
1. USB Modem CDMA/GSM
    Perangkat modem ini digunakan untuk koneksi internet dengan jaringan seluler. Pemasangannya sebagaimana perangkat eksternal lain yang dihubungkan melalui USB port.Namun ada persyaratan pada beberapa USB Mpdem CDMA/GSM ini yakni mensyaratkan Operating Sistem PC adalah Win 2000 atau Win XP dan diatasnya .

2. PCMCIA Modem CDMA/GSM
    Jenis modem ini fungsi dan operasionalnya sama persis dengan USB Modem CDMA/GSM.Namun modem ini bisa langsung dipakai di Laptop yang ada fasilitas PCMCIAnya. Jika belum ada,contohnya PC, perlu menambah PCMCIA card dan dipasang sebagaimana memasang LAN card.
3. Kartu Seluler
    Kartu seluler dipasang dalam USB modem atau PCMCIA modem. Dengan kartu ini, maka PC atau Laptop bisa terhubungkan ke internet dengan jalur sinyal seluler.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar